TIPS BAGI YANG MUDIK

Himbauan keselamatan dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).





Jakarta(12/06/2018)---Data Kepolisian RI menunjukkan kecelakaan pada masa libur Idul Fitri banyak disebabkan karena kelelahan (fatigue) pengemudi. Fatigue adalah kondisi penurunan kewaspadaan dan kemampuan baik fisik maupun mental.
Fatigue berakibat penurunan performa, kemampuan memperkirakan jarak dan kecepatan, kemampuan mengambil keputusan, reaksi lebih lambat dan dapat berakibat tidur sesaat (microsleep).
Fatigue terjadi karena kurang tidur, yg biasanya terasa16 jam setelah bangun pagi atau tidur kurang dari 8 jam dalam beberapa hari. Fatigue juga dapat disebabkan oleh beban pekerjaan, atau gangguan ritme sirkadian, seperti bangun terlalu pagi atau begadang.
Fatigue ditandai dengan rasa mengantuk, sering menguap, mata berair atau merah, sering malamun, konsentrasi menurun dan sering melakukan kesalahan.
Fatigue dapat dicegah dengan tidur 8 jam setiap hari. Tidurlah sebelum memulai perjalanan panjang. Istirahat selama 30 menit setiap 4 jam bagi pengendara mobil dan setiap 2 jam bagi pengendara sepeda motor. Hindari rokok, alkohol dan obat terlarang.
Jika sudah merasa lelah (fatigue):
Jangan minum kopi atau minuman energi berlebihan.
Ajaklah ngobrol pengemudi secara aktif.
Lakukan gerakan ringan (stretching).
Apabila kelelahan tidak teratasi, berhentilah dan tidur.
Keselamatan anda, keluarga dan penumpang sangat penting.
Jaga kebugaran selama mengemudi.
Berdoalah sebelum memulai perjalanan.

Himbauan ini disampaikan oleh:
Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sebagai Koordinator Bidang Keselamatan Angkutan Lebaran 1439 H

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "TIPS BAGI YANG MUDIK"

Posting Komentar